Struktur Halaman Blog yang Baik

Author: Ifan Iqbal · Time: Monday, August 27, 2012 · Label: Blog, Blogspot, Tutorial, Website · Comment: 7

Ilustrasi Belajar Merancang Struktur Data Blog yang Baik

Belajar dari ahlinya

Artikel ini dibuat setelah ane mengamati dan mempelajari struktur blog dari Matt Cutts, seorang engineering Google. Kenapa ane ngamati blog-nya Matt Cutts? Karena Matt Cutts paham betul tentang bagaimana membuat posting dan website yang baik serta bagaimana tips-tips agar halaman website mudah terindeks dan dipandang oleh Google.
Halaman website yang ane sebutkan itu masih general. Posting blog juga merupakan halaman website. Oleh karena itu, bisa donk menerapkan berbagai tips yang diajarkan Matt Cutts ke blog kita. Hanya saja tidak semua blog mendukung penggunanya untuk melakukan kustomisasi penyempurnaan terhadap blog nya.
Blog blogger blogspot merupakan salah penyedia layanan blog yang paling luwes. Kenapa luwes? Karena berbagai macam kustomisasi dan hack dapat dilakukan pada blog blogger blogspot. Oleh karena itu, artikel Struktur Data Halaman Blog yang Baik ini ane fokuskan untuk pengguna blog blogger blogspot.

Mengenal Struktur Halaman Blog

Pengertian struktur data suatu halaman web adalah… Apa ya ane juga bingung. Yang jelas yang ane paham tentang itu adalah kita diminta untuk menggunakan tag-tag HTML sebagaimana fungsinya untuk meracik halaman website sehingga memiliki struktur yang baik.
Struktur halaman website/blog yang baik itu sendiri kriterianya antara lain memiliki judul, subjudul, dan isi yang tertata dengan baik. Bayangkan aja sebuah halaman web itu adalah sebuah buku. Maka kamu harus menatanya dengan baik dan membagi setiap ide-ide pokok yang berbeda ke dalam bab-bab yang berbeda pula.

Struktur Halaman Posting yang Baik

Contoh: kamu punya halaman berjudul Adobe Photoshop CS8. Alangkah baiknya jika judul tersebut kamu markup dengan tag <h1>. Kemudian, sebagai subjudul di mana kamu ingin membahas tentang software tersebut, kamu pasang subjudul Ulasan Adobe Photoshop CS8. Subjudul tersebut, kamu markup dengan tag <h2>. Begitu pula seterusnya. Berikut ini contoh sederhana sebagai ilustrasi nyata kode HTML untuk kasus tersebut.
<h1>Adobe Photoshop CS8</h1>
<p>Artikel tentang Adobe Photoshop CS8 ini membahas tentang resensi software, bagaimana menggunakannya, dan link download software</p>
<h2>Ulasan Adobe Photoshop CS8</h2>
<p>…isi ulasan…</p>
<h3>Kelebihan Adobe Photoshop CS8</h3>
<p>..kelebihan termasuk dalam ulasan suatu produk, maka dari itu subjudulnya menggunakan tag heading dengan indeks yang lebih besar daripada parent subjudulnya..</p>
<h2>Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS8</h2>
<p>..begitulah seterusnya dan seterusnya..</p>

Tantangan Merancang Struktur Halaman Blog

Me-markup suatu posting relatif lebih mudah daripada apa yang akan ane bahas selanjutnya. Kenapa mudah? Karena kita biasa dan bisa melakukannya melalui edit entri, atau posting editor dengan memilih modus HTML. Akan tetapi, me-markup satu halaman web dan mensinkronkan markup tersebut dengan halaman web lainnya mungkin tidak biasa kita lakukan. Untuk kamu yang biasa melakukannya, cara mengedit struktur data blog blogspot pasti kamu lakukan melalui menu Template > Edit HTML. Ya, inilah satu-satunya pintu masuk kita untuk meng-hack blogspot untuk menjadikan struktur datanya menjadi lebih baik.
Namun, bagi kalian yang tidak biasa atau tidak bisa melakukan perubahan kode-kode HTML seperti itu, ane sarankan untuk download saja Template Blog Blogger Blogspot yang sudah SEO friendly dan memiliki struktur data halaman blog yang baik. Permasalahannya terkadang kita susah menemukan template yang seperti itu. Saran saya lagi, jangan ragu dan sungkan untuk menghubungi admin blog atau situs di mana kita suka terhadap rancangan dan struktur data dari blognya. Blog admin yang baik akan merespon permintaanmu dengan senang hati dan dia akan men-share templatenya. Satu lagi, jangan lupa pasang komentar di blog yang bersangkutan sebagai tanda bahwa kamu memang memiliki unek-unek dan kamu meminta tolong pada blog adminnya.

Tips Merancang Struktur Halaman Blog yang Baik

Struktur data blog yang baik dapat menggiring posting mu ke halaman awal hasil pencarian Google. Tapi ingat, tetap fokus pada konten yang berkualitas. Jangan terobsesi hanya fokus pada merancang struktur data saja. Tips yang ane berikan ini sebagai tambahan saja sehingga blog kamu jadi selevel lebih baik. Ingat lho ya, ane wanti-wanti untuk fokus ke konten yang berkualitas.
Tips yang ane berikan ini lebih berbau teknis koding daripada teori dan opini yang ane paparkan di atas. Adapun tips merancang struktur data blog yang baik versi ifaniqbal.com adalah sebagai berikut.

Jangan Jadikan Judul Blog ber-tag <h1> di mana-mana

Secara default, itulah yang disetting oleh blog blogspot. Padahal, yang demikian itu gak baik lho setelah ane perhatikan di blognya Matt Cutts. Saran ane, jadikan Judul Blog hanya ber-tag <h1> di homepage blog blogspot kamu saja.
Logikanya, masa’ iya judul blog kita menjadi yang paling penting di halaman posting kita. Yang jelas, yang paling penting di halaman posting blog kita, jadikan judul posting blog kita menjadi <h1>.  Hal ini idem untuk halaman kategori dan arsip blog.
Pasang judul unik untuk halaman kategori. Secara default, blogger blogspot menampilkan message semacam ini: Menampilkan posting untuk label Download. Nah, yang kayak gitu lho kurang baik. Lantas bagaimana yang baik? Kembali lagi, hasil pengamatan ane di blog Matt Cutts memberi contoh agar kita memberi heading unik seperti Tulisan Kategori Download, dan judul unik tersebut kalian pasangkan tag <h1>.
Untuk halaman arsip, pilih judul unik yang menurut kamu pantas ya. Terserah kamu, silakan berkreasi J

Manfaatkan Microdata dari Schema.org

Microdata adalah info-info tambahan yang bisa kita gunakan untuk menjadikan elemen-elemen web kita lebih dikenali dan mudah dipahami oleh search engine. Microdata yang tersusun dan terpasang dengan baik akan membuat cuplikan hasil pencarian suatu website/blog menjadi lebih akurat, komplit, dan menarik para pengunjung untuk meng-klik hasil pencarian yang menuju ke website/blog yang kita kelola.
Memanfaatkan microdata bisa saya katakan sebagai trik SEO yang baik dan aman. Baik karena hal ini disarankan sendiri oleh para perancang/engineer Google. Sedangkan, dikatakan aman karena memasang microdata tidak akan merusak atau mengganggu desain halaman web/blog kita.

Belajar dari Ahli yang Baik

Begini, karena ane udah agak capek yang ngetik, untuk tips selanjutnya ane sarankan buat kamu semua belajar ke ahli yang baik. Siapa itu? Saran ane sih belajar aja ke blog-blog para engineer Google. Salah satunya ya dia yang daritadi ane sebut-sebut di atas.
Bagaimana cara belajarnya? Ya kamu cermati kode HTML dari satu halaman blog dan bandingkan dengan halaman blog yang lain. Coba perhatikan perbedaan antara halaman homepage/awal, posting, halaman kategori, arsip, perancangan sidebar/widget, dan lain sebagainya.
Untuk mencermati, mempelajari, dan mengetahui elemen web suatu website/blog, kamu butuh tool yang komplit, solid, dan tidak pelit. Saran ane, gunakan browser Chrome. Di dalam Chrome sudah include tool Google Developer Tools yang sejauh ini benar-benar luar biasa menurut ane. Mungkin akan ane bahas di lain waktu tentang software tersebut, yang pasti Chrome Developer Tools merupakan web developer terbaik versi ifaniqbal.com , hehe J
Terima kasih dah baca sampe bawah, atau makasih udah mau baca bagian bawah ini ^_^. Jangan lupa pasang komentar ya, dan jadi temanku di Facebook, Twitter, dan Google+. Sampai jumpa. Assalamualaikum J